8 Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah di Imunisasi

bayi rewel setelah imunisasi

Imunisasi merupakan salah satu cara terbaik untuk melindungi Si Kecil dari bermacam penyakit yang disebabkan baik oleh bakteri maupun virus.

Namun, banyak sekali orangtua yang enggan melakukan imunisasi karena efeknya yang ditimbulkan. Yakni seperti badan Bayi menjadi demam yang berakibatkan rewel.

Jangan panik jika Si Kecil mengalami demam dan menyebabkan menjadi rewel hal tersebut merupakan hal yang sangat wajar.

Karena terdapat beberapa cara untuk mengatasi Bayi rewel setelah di imunisasi. Adapun cara-cara mengatasi Bayi rewel setelah imunisasi adalah sebagai berikut:

  1. Pantau Suhu Tubuhnya

Untuk memberi pencegahan dini pada Si Kecil, berikan obat penurun demam beberapa saat setelah imunisasi.

Selain mengurangi demam, memberikan parasetamol akan mengurangi rasa tidak nyaman pada bekas suntikan yang sering membuat Si Kecil rewel.

Selain itu barengi juga mengompres Bayi menggunakan air hangat jika Si Kecil rewel disertai demam sudah mencapai suhu 38 o C. Serta hindarilah mengompres Si Kecil menggunkan air dingin.

Tujuannya supaya perbedaan suhu tidak menimbulkan reaksi tertentu pada tubuhnya. Usahakan juga menggunakan kain yang tidak terlalu basah agar Si Kecil tetap merasa hangat.

  1. Jaga Asupan Cairannya

Suhu badan yang tinggi akan mengurangi kadar cairan dalam tubuh. Maka dari itu Anda harus menjaga asupan minuman Si Kecil. Perbanyaklah berikan ASI untuk membantu meredakan rewelnya.

Cara tersebut sangat disarankan untuk mengurangi rewel yang disebabkan demam setelah di imunisasi. Karena Asi merupakan sumber gizi terbaik untuk Si Kecil.

Selain itu didalam ASI sendiri mengandung molekul-molekul anti flasmasi alami yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan, serta meningkatkan kekebalan tubuh Bayi.

Baca Juga: Penyebab Bayi masuk Angin dan Cara Mengatasinya

  1. Kompres Bekas Suntikannya

Rewelnya Si Kecil setelah di imunisasi adalah karena pembengkakan pasca suntikan yang akan hilang dalam dua hari. Rasanya yang nyeri membuat Si Kecil merasa tidak nyaman. Terlebih saat bagian ini tersentuh.

Untuk mengurangi pembengkakannya rajin-rajinlah mengompres menggunakan air hangat. Hal tersebut bisa juga mengurangi rewel pada Si Kecil.

  1. Berikan Pijatan Lembut

Demam tentunya akan membuat Si Kecil menjadi kurang nyaman dan rewel. Untuk mengurangi gejala ini pasca imunisasi Anda bisa melakukan pijatan lembut pada Si Kecil.

Pijatan tersebut dilakukan secara berulang serta mempunyai manfaat untuk memperlancar sirkulasi darah dan membuat Si Kecil lebih tenang.

  1. Atur Pendingin Ruangan

Mengatur suhu pendingin ruangan didalam kamar juga bisa mengendalikan rasa rewel Si Kecil. Maka dari itu, mengatur pendingin ruangan bisa membuat si anak nyaman untuk beristirahat.

  1. Jangan Gunakan Bedong Atau Baju Yang Tebal

Anggapan “ saat si kecil demam, berikanlah selimut tebal supaya semua keringatnya cepat keluar, dan suhu badan si kecil cepat turun” merupakan anggapan yang sangat kurang tepat.

Karena pada saat Bayi demam justru harus memerlukan ruang yang nyaman dan lega supaya demamnya lekas turun. Maka dari itu pilihlah pakaian yang tipis serta longgar.

Anda juga jangan sekali-kali menggunakan bedong atau baju yang tebal pada Si Kecil. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan Si Kecil semakin rewel.

  1. Dekap Dan Peluk Si Kecil

Untuk meredakan Si Kecil ketika sudah selesai di imunisasi Anda bisa mendekap dan memeluk Si Kecil.

Karena dengan melakukan hal tersebut dapat meningkatkan zat anti nyeri pada Si Kecil. Serta dapat menurunkan rasa sakit pada Si Kecil.

  1. Berikan Obat Penurun Panas

Dan untuk mengatasi  Bayi rewel setelah imunisasi yang terakhir adalah berikan obat penurun panas. Biasanya setelah imunisasi dokter akan memberikan obat penurun panas pada Si Kecil.

Hal tersebut bertujuan agar berjaga-jaga jika Si Kecil tidak demam atau panas di malam hari. Maka dari itu Anda bisa memberikan Si Kecil obat penurun panas agar Si Kecil terhindar dari demam dan rewel.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi  Bayi rewel setelah imunisasi. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi saat Si Kecil sudah di imunisasi.

Baca Juga: 5 Alasan Bayi Tidak Boleh Minum Air Putih Sebelum Usia 6 Bulan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here