Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Pilek pada Bayi Baru Lahir

pilek pada bayi baru lahir

Kelahiran bayi dengan selamat begitu disyukuri oleh para orangtua. Akan tetapi, buah hati yang  baru lahir harus mendapatkan perhatian lebih dari orangtuanya. Terutama peran ibu yang sangat vital dalam merawat, menyusui bayi yang tidak pernah ternilai jasanya. Bayi baru lahir pilek begitu sering terjadi bahkan membuat cemas para orangtua. Hal ini tidak lepas dari sistem kekebalan tubuh yang dimiliki bayi masih lemah.

Penyebab Bayi Baru Lahir Pilek

Perlu diketahui bahwasanya pilek pada bayi baru lahir disebabkan oleh virus dari kelompok RNA (asam ribonukleat). Biasanya bayi akan terkena gejala tersebut antara 2-3 hari yang ditandai dengan keluarnya cairan bening dan diiringi dengan demam. Bahkan bisa jadi ada bakteri lain yang ikut menginfeksi bayi sehingga batuk pilek pun bisa lama menjadi 1 minggu.

Akan tetapi, para orangtua tidak perlu cemas dengan bayi baru lahir pilek, karena hal tersebut sering terjadi. Sementara itu, pilek pada bayi dapat sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan yang intensif. Karena pada dasarnya batuk pilek tersebut sangat berguna bagi bayi yang baru lahir karena dapat membersihkan jalur pernafasan bayi. Sehingga lendir atau iritasi yang terdapat pada saluran pernapasan akan bersih.

5 Cara Menyembuhkan Bayi Baru Lahir Pilek

Untuk itu, bagi para orangtua terdapat beberapa langkah untuk mengatasi masalah tersebut. Karena penyakit seperti bayi baru lahir pilek bukanlah masalah yang terlalu serius. Berikut adalah cara yang dapat menyembuhkan pilek pada bayi tanpa harus berobat ke dokter:

  1. Rutin Memberikan Air Susu Ibu (ASI)

ASI begitu sangat besar manfaatnya bagi bayi, karena jika sang buah hati rutin mengkonsumsinya tidak akan rentan terkena penyakit. Manfaat ASI sangat besar karena mengandung zat-zat berupa DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin , protein, vitamin A dan lainnya.

Akan tetapi, banyak para ibu lebih memilih susu formula karena tidak sempat menyusui bayinya. Padahal kegiatan tersebut sangat berguna sebagai pendekatan seorang ibu terhadap bayinya. ASI juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh bayi karena dapat membentuk sistem imun bayi. Disisi lain, ASI tidak pernah basi karena tidak ada campuran bahan kimia sehingga selalu segar.

  1. Menjemur Bayi Di Pagi Hari

Adapun manfaat dari menjemur bayi di pagi hari adalah dapat memberikan efek yang luar biasa untuk perkembangan dan kesehatan bayi. Langkah tersebut memang sangat dianjurkan dalam dunia medis. Organ-organ bayi masih belum bekerja secara sempurna inilah yang menjadi alasannya. Waktu yang bagus untuk menjemur bayi adalah pukul 07.30 – 08.30 cukup selama seperempat jam saja.

  1. Mandikan Bayi Dengan Air Hangat

Bayi kurang dari satu tahun sangat dianjurkan untuk mandi hangat karena kulit bayi masih tipis. Jika dimandikan dengan air dingin akan terjadi hiportermia pada bayi. Suhu yang pas untuk memandikan bayi dengan air hangat adalah berkisar antara 30 – 37 derajat celcius. Bayi baru lahir pilek akan terbantu kesembuhannya dengan rutin kegiatan ini dilakukan.

  1. Menjaga Kebersihan Ruangan

Agar bayi anda terlindungi dari berbagai penyakit sebaiknya selalu membersihkan perlengkapan bayi. Bayi yang baru lahir akan mudah terkena penyakit tersebut jika para orangtua tidak membersihkannya. Kebersihan itu bisa dari pakaian, tempat tidur, bahkan tempat makan bayi. Untuk membersihkannya dapat menggunakan air panas bukan menggunakan detergen.

  1. Mengatur Arah Pendingin Ruangan

Para orangtua yang biasa menggunakan AC atau kipas angin harus menjaga kecepatan dan arahnya jika memiliki bayi. Perlu diingat jangan sampai bayi anda terkena secara langsung oleh pendingin ruangan. Hal tersebut dapat membuatnya mudah terkena penyakit, karena kondisi tubuh bayi harus begitu terjaga.

Dari beberapa langkah-langkah yang sudah dijelaskan, semoga ibu-ibu yang memiliki bayi menjalankannya untuk agar kesehatan buah hatinya. Bayi baru lahir pilek akan dapat disembuhkan jika menerapkan cara-cara diatas.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Efektif Mengatasi Cegukan pada Bayi Baru Lahir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here