7 Penyebab Bayi Baru Lahir Susah Tidur di Malam Hari

penyebab bayi susah tidur

Kehadiran bayi ditengah-tengah keluarga memberikan kebahagian yang tak ternilai harganya, orangtua rela melakukan sesuatu demi anaknya, yaitu agar bisa tumbuh dewasa sesuai dengan harapan. 

Selain kebahagian, orangtua juga dihantui dengan kegelisahan ketika bayi mengalami sesuatu terhadap kesehatannya. Hal yang paling sering dialami bayi baru lahir yaitu susah tidur dimalam hari sehingga membuat orangtua khawatir.

Penyebab Bayi Baru Lahir Susah Tidur di Malam Hari

Bayi baru lahir memang rutinitasnya untuk tidur, namun ketika ini masalah ini terjadi pada bayi anda, maka anda jangan terlalu cemas dan khawatir, anda perlu mengenali penyebab yang membuat bayi anda susah tidur dimalam hari.

Berikut ini beberapa penyebab bayi susah tidur :

1. Bayi Anda Sedang Lapar

Makanan pokok bayi yang baru lahir adalah ASI (Air Susu Ibu), ketika bayi anda rewel dan sulit tidur dimalam hari mungkin saja dia sedang lapar. Biasanya, bayi yang sedang lapar akan rewel (menangis), solusinya adalah berilah ASI sampai kenyang.

Perlu anda ketahui bahwa bayi baru lahir membutuhkan makanan (asi) lebih sering, maka para ibu diharapkan untuk memberikan ASI dengan ritme waktu 2-3 jam sekali atau ketika dia menangis untuk minta minum.

2. Bayi Anda Terlalu Capek / Lelah

Bisa saja bayi anda terlalu capek, sehingga bayi anda kesulitan untuk tidur atau terbangun dimalam hari. Sering bergerak membuat bayi merasa lelah, itulah yang menjadi alasan mengapa bayi sering dibedong.

Suasana lingkungan juga berpengaruh terhadap kualitas tidur sikecil, ciptakan ruangan atau kamar anda hening dan tenang agar bayi anda tidak terganggu. Atau bisa juga karena sebelumnya anda mengajak nya bermain.

3. Cahaya Lampu diruangan terlalu Terang

Walaupun belum bisa melihat secara sempurna namun Bayi sangat sensitif terhadap cahaya, sinar lampu yang terlalu terang akan dapat menganggu kenyamanannya. Maka dari itu, bunda bisa membuat cahaya lampu khusus untuk tidur.

4. Bayi anda Mungkin Pilek

Pilek atau Flu seringkali dialami oleh bayi baru lahir, hal ini bisa disebabkan karena bayi sering kontak langsung dengan orang lain seperti di sentuh atau dicium atau juga bisa virus yang ada didalam ruangan anda karena banyak orang yang masuk.

Baca Disini : Benarkah Bayi Baru Lahir Tidak Boleh Dicium?

Pilek dan flu memang sangat mengganggu pernapasannya, sehingga membuat bayi susah untuk tidur. Sebaiknya periksa dahulu apa bayi Anda benar terkena pilek atau flu ketika ia menangis sebelum tidur.

5. Buang Air Besar atau Kecil

Ketika bayi buang air besar atau kecil (pipis), akan membuatnya merasa tidak nyaman. Karena bagian pantatnya basah. Jika demikian, segera ganti popok bayi anda ketika diketahui dia sedang buang air, setelah itu keringkan menggunakan tisu dan memberikannya bedak.

6. Ada Serangga (Semut dan Nyamuk yang paling Sering).

Waspadai adanya serangga ditempat tidur, serangga yang paling mungkin dan sering mengganggu adalah Semut dan Nyamuk. Bersihkan tempat tidur sebelum meletakan bayi, dan pastikan menggunakan selambu untuk menjaganya dari gigitan nyamuk.

7. Pakaiannya Basah atau Lembab

Ini alasan utama mengapa bayi harus tetap kering, ketika bayi anda rewel atau sulit tidur maka anda bisa ganti baju dan gurtia nya dengan baju yang bersih dan kering. Jangankan bayi, orang dewasa saja ketika tidur dengan baju lembab atau basah juga tidak nyenyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here