10 Penyebab Bayi Menangis Yang Jarang Diketahui

penyebab bayi menangis

Jangan heran jika bayi anda sering menangis.

Menangis adalah salah satu cara berkomunikasi mereka dengan orang lain karena memang mereka tidak bisa mengekspresikan kebutuhan dan keinginannya dalam bentuk kata-kata.

Walaupun mereka bisa memberikan tanda seperti menendang kaki, melambaikan tangan, menggerakkan kepala, dll. Namun cara yang paling efektif bagi bayi untuk mendapatkan perhatian adalah melalui tangisan.

Selain itu Bayi pun sering menangis dengan tiba-tiba, Adapun penyebab Bayi menangis itu sendiri antara lain sebagai berikut:

  1. Bayi Sedang Lapar

Lapar merupakan penyebab Bayi menangis serta rewel yang paling umum. Terutama pada bulan-bulan awal kehidupannya.

Maka Si Kecil pun tidak berhenti menangis sebelum diberikan susu. Pola rengekan lapar Si Kecil ini biasa ditandai dengan tangisan yang persisten, menuntut, dan hampir berirama.

  1. Popok Basah

Popok basah karena pipis atau buang besar menyebabkan ketidaknyamanan dan membuat Si Kecil sering menangis terus. Biasanya Si Kecil akan berhenti menangis jika popoknya sudah dibersihkan dan diganti.

  1. Bayi Sedang Bosan

Tangisan Bayi yang berirama diiringi isakkan serta rintihan bisa bermakna tangisan bosan. Selain perhatian dan makanan, Bayi juga memerlukan banyak stimulasi.

Maka tidak heran jika mendapatkan mereka sering menangis. Trik untuk mengatasi masalah ini Anda bisa mengangkat Si Kecil serta bermain dengannya.

Tindakan tersebut mungkin akan membuat sebagian orangtua mengerutkan dahi karena dianggap memanjakan Si Kecil.

Namun stimulasi tersebut merupakan salah satu kebutuhan utama Bayi dan tidak ada ruginya juga memberikannya pada Si Kecil dalam masa pertumbuhannya.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah di Imunisasi

  1. Bayi Sedang Kolik

Kolik bisa membuat Si Kecil menangis berkepanjangan. Dokter menduga kolik merupakan semacam kondisi dimana Bayi mengalami sakit perut.

Penyebab dari kolik itu sendiri sampai sekarang belum bisa diketahui. Namun kolik ini bisa menyebabkan Bayi terus menangis walaupun ia terlihat dalam keadaan sehat dan sudah diberikan makanan yang cukup.

Saat Bayi sedang mengalami kolik sangat sulit sekali untuk menenangkan Bayi agar berhenti menangis. Namun Anda tidak perlu khawatir kolik ini hanya bertahan tidak lama.

  1. Bayi Merasa Takut

Jika Si Kecil tiba-tiba menangis ketika ia digendong oleh orang yang dianggapnya asing, itu berarti Si Kecil merasakan takut.

Jelaskan pada orang tersebut bahwa perlu pendekatan terlebih dahulu kepada Bayi agar ia tidak merasa takut dan menangis saat digendong.

  1. Bayi Merasa Kesepian

Jika Si Kecil sedang tidur lalu Anda meninggalkannya di tempat tidur sendirian dan ia pun mulai menangis ketika ia terbangun hal tersebut bisa jadi Si Kecil merasa kesepian.

Dan ia tidak suka jika ditinggal sendirian. Pada saat tersebut peluklah Si Kecil dan berikan kasih sayang.

  1. Bayi Menderita Penyakit Tertentu

Tangisan Si Kecil yang lemah bisa juga menandakan bahwa Si Kecil sedang sakit.

Jika Anda menemukan Si Kecil dalam keadaan tersebut, maka segeralah bawa Si Kecil ke petugas kesehatan untuk diperiksa lebih lanjut.

  1. Bayi Merasakan Stimulasi Yang Berlebihan

Jika suara di ruangan sangat berisik sekali, terdapat banyak orang, atau ada banyak orang yang berusaha untuk mendapatkan perhatian Si Kecil maka ia pun akan menangis.

Jika hal tersebut terjadi, maka pindahkanlah Bayi ke lingkungan yang lebih tenang.

  1. Bayi Mulai lelah

Saat Si Kecil mulai terlihat malas beraktivitas, tidak mau diajak bermain, sering menguap, atau menangis. Boleh jadi ia sudah mulai lelah dan ingin segera tidur.

  1. Bayi merasakesakitan

Jika Si Kecil tiba-tiba menangis dengan kuat sama seperti halnya orang dewasa ataupun anak-anak pada umumnya berarti ia sedang merasa kesakitan.

Jika Si Kecil mengalami hal tersebut maka segeralah cek suhu pada Bayi dan periksa dimana sumber rasa sakit tersebut itu berada.

Itulah beberapa penyebab Bayi menangis yang bisa Anda ketahui.

Jika Anda menemukan penyebab-penyebab diatas yang menyebabkan Si Kecil menangis Anda bisa langsung menanganinya karena sudah tahu kenapa Si Kecil menangis.

Baca Juga: Penyebab Bayi masuk Angin dan Cara Mengatasinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here