Waspadalah, Inilah 6 Penyebab Bayi Kembung

Perut kembung pada si bayi tentu akan membuatnya merasa tidak nyaman. Maka sebagai orangtua wajib tahu apa penyebabnya, ternyata penyebab bayi kembung dapat di sebabkan oleh beberapa hal.

Namun, tidak semua orang tua faham apa penyebab yang membuat si kecil kembung. Padahal ini harus di perhatikan Karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan sang bayi.

Berikut ini adalah penyebab bayi kembung yang bisa andafahami, diantaranya :

  1. Makanan Yang Di Konsumsi Sang Ibu

Jenis makanan yang ibu konsumsi ternyata juga bisa menyebabkan kembung pada bayi.

Ibu yang terlalu banyak mengkonsumsi sayuran penghasil gas seperti kol, brokoli, bawang bombai dan kacang. Akan membuat bayi anda mengeluarkan gas dengan jumlah yang cukup banyak.

Hal ini biasa terjadi pada bayi yang masih menyusu air asi. Dengan gas yang di keluarkan lah membuat perut si bayi terasa kembung.

Oleh sebab itu, sebagai ibu yang pintar harus mengolah jenis makanan yang di makan. Jangan sampai akibat perilaku dari sang ibu dalam mengatur menu makanan, membuat perut bayi anda kembung.

  1. Posisi Menyusui Yang Salah

Ternyata posisi menyusui sang ibu yang salah, bisa menjadi faktor penyebab bayi kembung. Posisi payudara yang salah, akan membuat bayi menelan banyak udara saat ia sedang menyusu.

Oleh sebab itu udara yang masuk, membuat bayi kembung.

Nah, dalam hal ini peran si ibu harus sangat di perhatikan ketika ingin menyusui. Pilihlah posisi yang tepat dan benar. Tidak hanya itu, anda juga harus menciptakan kenyamanan sang bayi ketika menyusui.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

  1. Menu Makanan Yang Di Konsumsi Bayi

Penyebab bayi kembung selanjutnya adalah karena faktor menu makanan yang di konsumsi oleh si kecil. Bayi yang mulai bisa makan, harus anda perhatikan akan menu makanannya. Jangan terlalu banyak memberikan jenis makanan yang mengandung gas berlebihan.

Kembung terjadi akibat banyaknya zat gas yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, agar bayi anda terhindar dari kembung maka pilihlah makanan yang sehat dan berserat. Jangan sekali-kali anda meremehkan jenis makanan si bayi, karena itu bisa berakibat buruk untuk perkembangannya.

  1. Sistem Pencernaan Yang Belum Sempurna

Sistem pencernaan bayi juga ternyata bisa menjadi salah satu penyebab bayi kembung. Pada sistem pencernaan bayi belum bisa mengolah jenis makanan dengan sempurna. Hal ini dikarenakan semua organ pencernaannya belum matang dan masih dalam proses perkembangan.

Oleh sebab itu, pencernaannya belum dapat mengolah zat gas, fases, dan makanan dengan baik. oleh sebab itu dengan pemberian gas yang terlalu berlebihan membuat perut bayi merasakan kembung.

Jadi dalam memberikan makanan anda harus berhati-hati dan memperhatikan tekstur makanannya. Hal ini agar sistem pencernaan si bayi bisa menerima dengan baik.

  1. Terlalu Sering Menangis

Penyebab bayi kembung selanjutnya adalah karena menangis. Bayi yang menangis secara berlebihan bisa membuat perut menjadi kembung. Hal ini dikarenakan ketika menangis, banyak udara yang masuk ke dalam tubuh di bayi.

Oleh sebab itu udara yang masuk menyebabkan rasa kembung tersebut. Jadi jangan biarkan bayi menangis secara berlebihan agar terhindar dari kembung.

  1. Akibat Laktosa Yang Berlebihan

Kebanyakan laktosa ternyata juga tidak baik bagi kesehatan tubuh bayi. Hal ini dapat menyebabkan perut si bayi kembung.

Zat laktosa diperoleh dari asi pertama setiap bayi menyusu. Terkadang laktosa tidak semua dapat di cerna dengan baik oleh perut si bayi. Jika tidak dapat di cerna, maka akan terjadi penumpukan gas yang menyebabkan perut kembung tersebut.

Dari penyebab bayi kembung diatas dapat disimpulkan, bahwa hal-hal yang menyebabkannya bukan hanya dari dalam di bayi saja.

Namun juga faktor dari sang ibu yang harus pandai dalam memperhatikannya. Itulah penyebab bayi kembung yang dapat andasimak,semoga bermanfaat untuk anda dan si kecil.

Baca Juga: Bayi 9 Bulan Belum Bisa Merangkak, Ini Solusinya !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here