Kenali Bayi Baru Lahir Mencret Dan Cara Mengatasinya

bayi diare

Sebagai orangtua sudah sewajarnya kita memberikan perhatian khusus terhadap putra-putrinya. Terlebih lagi ketika anda baru saja dikaruniai bayi yang lucu dan menggemaskan. Hanya saja kadang-kadang terjadi hal yang mengganggu kesehatan si jabang bayi.

Tak terkecuali diare atau mencret.

Nah, bagaimana langkah-langkah kita sebagai orang tua untuk menangani hal tersebut, Anda tidak perlu panik yang terlalu berlebihan. Maka dari itu Mari simak ulasan dari kami tentang bayi baru lahir yang terkena mencret dibawah ini.

Penyebab Mencret Pada Bayi

Sebelum membahas bagaimana menangani Bayi baru lahir mencret, anda harus mengetahui bahwa mencret pada bayi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut penyebabnya infeksi bakteri, parasit, atau virus, keracunan makanan dan Alergi.  Bayi bisa saja mengalami alergi. Alergi bayi bisa didapat dari makanan atau minuman yang ia konsumsi. Salah satunya alergi terhadap laktosa.

Mengenali Tektur Tinja Pada Bayi

Cara termudah untuk mendeteksi bahwa bayi anda terserang diare dapat dilihat dari tekstur tinjanya. Anda dapat melihat perubahan warna yang terjadi pada bayi yang terserang diare. Umumnya, baik warna ataupun bau tinja bayi sesuai dengan apa yang ia konsumsi. Jika tinja bayi anda berubah menjadi lebih encer dan frekuensi buang air besarnya lebih sering, bisa dikatakan bayi anda terserang diare. Dibawah ini adalah warna tinja bayi yang dapat menjadi panduan anda:

  • Coklat Muda Atau Kekuningan. Tinja seperti ini adalah tinja bayi yang mengonsumsi susu formula.
  • Hijau Agak Kehitaman. Tinja seperti ini juga biasa disebut tinja mekonium. Ditemukan pada bayi yang baru saja lahir.
  • Hijau Kecoklatan. Tinja bayi setelah bayi berusia lima hari.
  • Kuning Kehijauan. Normal bagi bayi yang mengkonsumsi ASI.
  • Warna Lain. Semakin banyak makanan padat yang bayi konsumsi, maka warna tinjanya pun akan semakin gelap. Warna tersebut akan berubah sesuai dengan makanan yang dikonsumsi.

Ciri-Ciri Bayi Mengalami Dehidrasi Karena Diare

Jika usia bayi anda kurang dari enam bulan dan mengalami mencret, segera hubungi dokter terlebih jika menunjukkan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Terlihat lesu.
  • Tinja berwarna putih, hitam atau merah. Warna merah pada tinja menunjukkan tinja bayi anda mengandung darah.
  • Mengalami muntah-muntah.
  • Bayi mengalami demam diatas 38 derajat celsius.
  • Terjadi tanda-tanda dehidrasi.

Karena mengeluarkan cairan terus-menerus dari diare yang bayi alami, isa jadi putra-putri anda pun mengalami dehidrasi. Berikut tanda dehidrasi pada bayi anda:

  • Mulut bayi kering.
  • Buang air kecil lebih sedikit dari kondisi normal.
  • Kulit terasa kering.

Hubungi Tenaga Medis Profesional

Sebagai orangtua kita harus cermat kapan kita dapat menangani permasalahan anak secara mandiri, atau membutuhkan bantuan profesional. Untuk mengatasi kondisi bayi baru lahir mencret dan anda ragu, segera hubungi atau periksakan anak anda ke dokter.

Kemungkinan, dokter akan memberikan perawatan khusus seperti memberi obat untuk menangani parasit dan antibiotik. Apalagi jika bayi mengalami dehidrasi. Pemberian oralit pun baik dilakukan untuk menanggulangi dehidrasi yang bayi anda alami.

Cara Mencegah Diare pada Bayi Baru Lahir

Mencegah lebih baik mengobati. Tentu saja ungkapan tersebut bisa dikatakan tepat. Tak ada salahnya untuk mencegah diare pada bayi. Bagaimana caranya, kita lihat satu persatuL

  • Menjaga kebersihan bayi. Usahakan untuk mencuci tangan bayi dan tangan anda untuk mengurangi resiko virus atau bakteri yang dapat menular dengan mudah melalui sentuhan anda sebagai orang tua.
  • Jaga kebersihan rumah anda pun menjadi agenda penting berikutnya untuk menjaga kebersihan bayi anda.
  • Berikan makanan atau minuman yang higienis. Begitu pula dengan wadah makanan atau minuman tersebut. cuci bersih peralatan bayi anda menggunakan air sampai tidak tersisa kotoran sisa makanan atau minuman didalamnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bayi Baru Lahir Yang Tidak Mau Menyusu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here