Penyebab dan Cara Efektif Mengatasi Cegukan pada Bayi Baru Lahir

mengatasi cegukan pada bayi

Diafragma yang sedang mengalami kontraksi atau yang biasa disebut cegukan merupakan hal yang kerap terjadi. Tidak hanya pada anak-anak, remaja maupun dewasa, tapi bayi baru lahir juga akan mengalaminya.

Cegukan pada Bayi baru lahir menandakan bahwa otot diafragma bayi sedang dirangsang akibat menyusu. Jadi tidak perlu khawatir jika bayi cegukan, karena hal itu normal terjadi dan tidak berbahaya. Orang tua perlu mengetahui hal-hal berikut ini tentang cegukan pada bayi.

Penyebab Bayi Cegukan

Saat bayi sedang menyusu, otomatis otot diafragma bergerak sehingga kerap kali terjadi gangguan. Tapi gangguan ini tidak berbahaya, asalkan tidak mengganggu pernafasan bayi. Bayi baru lahir cegukan karena terlalu kenyang, atau menelan terlalu cepat sehingga banyak udara yang ikut tertelan.

Selain penyebab pasti, terdapat pula faktor pemicu bayi baru lahir cegukan. Diantaranya adalah perubahan suhu tubuh bayi akibat kedinginan. Jadi setelah memandikan bayi, pastikan anda segera mengoleskan minyak dan memakai baju. Faktor yang kedua yakni stres yang dialami bayi.

Bayi juga bisa mengalami stres akibat perubahan emosi yang terjadi. Ketiga, adanya stimulasi atau iritasi pada otot diafragma yang menyebabkan kontraksi mendadak. Kontraksi inilah yang menimbulkan cegukan.

Baca Juga : 7 Penyebab Bayi Baru Lahir Susah Tidur di Malam Hari

Cara Meredakan Cegukan

Biasanya, para orang tua akan merasa kasian dan khawatir apabila bayi baru lahir cegukan terus-menerus. Nah anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk meredakan cegukan pada bayi.

  1. Hentikan Aktivitas Menyusui

Seperti yang telah dijelaskan di atas, saat bayi menyusu terlalu cepat semakin banyak udara yang ikut tertelan. Anda bisa menghentikan sejenak aktivitas menyusui, baik ASI maupun susu formula. Dengan berhenti sejenak, akan membantu membuang kelebihan udara yang masuk dalam perut bayi. Tunggu sampai bayi merasa tenang.

  1. Tegakkan Tubuh Bayi

Tegakkan tubuh bayi dengan cara memeluknya dengan posisi kepala di bagian pundak anda. Pastikan anda memberi topangan di bagian punggung dan badan belakang bayi. Perhatikan juga apakah bayi sudah nyaman dengan posisi tersebut.

  1. Gosok Punggung Bayi Dengan Lembut

Anda juga perlu menggosok punggung bayi dengan lembut. Hal ini berfungsi untuk memberikan tekanan yang sedikit berat sehingga membantu keluarnya udara dari perut bayi.

  1. Jaga Bayi Tetap Hangat

Bayi baru lahir cegukan biasanya juga karena mengalami perubahan suhu mendadak. Saat ia cegukan, peluklah si bayi. Jaga bayi tetap merasa hangat, atau biarkan ia istirahat dengan memberikan selimut.

  1. Bantu Bayi Agar Bersendawa

Cara berikut untuk mengatasi bayi baru lahir cegukan adalah membantunya bersendawa. Posisikan bayi berdiri dengan pundak ibu sebagai sandaran. Tepuk pelan-pelan bagian punggung bayi. Cara ini efektif untuk membuatnya bersendawa.

Cara Mencegah Cegukan Terus Menerus

Cegukan merupakan hal alami yang dialami bayi dan tidak dapat dicegah. Tapi bila cegukan terus-menerus, bayi akan merasa tidak nyaman. Anda bisa mencegah bayi baru lahir cegukan terus menerus dengan cara berikut.

Berikan Susu Pada Bayi Melalui Dot

Pada beberapa bayi cegukan bisa terjadi karena terlalu sering menyusu ASI secara langsung. Menyusu lewat ASI membuat bayi minum lebih cepat ketimbang lewat dot. Maka dari itu, anda bisa mencoba memberikan ASI perah lewat dot. Gunakan ukuran dot yang sesuai agar tidak banyak udara yang dihisap bayi.

Gunakan Posisi Menyusui yang Tepat

Seringkali ibu menyusui dengan posisi yang kurang tepat. Anda bisa merubah posisi menyusui yang benar agar baik anda maupun bayi merasa nyaman. Saat baru pertama kali menyusui pasca melahirkan, anda akan diajarkan oleh perawat maupun bidan yang bertugas saat itu untuk belajar cara dan posisi menyusui yang benar.

Hindari Mengonsumsi Makanan Pemicu Gas

Jika ibu menyusui sering mengonsumsi makanan pemicu gas, ada kemungkinan bayi akan sering mengalami cegukan hingga perutnya kembung. Nutrisi tertentu pada bayi memang terdapat beberapa yang diperoleh dari ibu.

Meskipun hal ini normal, ada baiknya mencegah agar bayi tidak cegukan terus-menerus. Karena cegukan terus-menerus juga tidak baik bagi kenyamanan bayi, juga mengindikasikan terjadinya reflux lambung. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga: Cara Merawat Bayi Baru Lahir Bagi Keluarga Baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here