Benarkah Bayi Baru Lahir Tidak Boleh Dicium?

Bayi Baru Lahir
Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir memang sangat lucu dan menggemaskan bagi yang melihatnya, sehingga menarik perhatian untuk disentuh dan ingin mencium wajahnya. Namun perlu diketahui bahwa bayi yang masih berusia hitungan hari sengat rentak terhadap kuman dan penyakit.

Sehingga para orangtua sebisa mungkin menghindari kontak langsung dengan oranglain, bahkan orangtua nya sendiri harus bersih saat mencium atau menyentuhnya. Ini bukan soal pelit atau sombong, tapi untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan terjadi pada bayi baru lahir.

Menurut seorang Dokter yaitu dr Utami Roesli SpA, IBCLC, FABM-SELASI memaparkan bahwa bayi baru lahir sampai usia 4 bulan masih sangat rentan terhadap kuman dan penyakit karena belum memiliki imunitas yang kuat.

“Maka jangan takut dibilang sombong, ini semua demi kebaikan bayi kita. Kita harus jaga bayi agar tidak gampang sakit atau tertular penyakit orang dewasa, misalnya saja flu,” ungkapnya.

Peran ayah juga sangat dibutuhkan disini untuk membantu ibu menjaga lingkungan (suasana rumah / kamar) tetap bersih agar bayi anda tidak tertular penyakit. Bahkan orangtua juga perlu menjaga kebersihan diri dan kesehatannya sebelum menyentuh atau mencium bayinya.

Bukan hanya tidak boleh dicium, bayi baru lahir juga dianjurkan untuk tidak dibawa jalan-jalan keluar rumah, apalagi sampai dibawa pergi ke Mall. Hal ini sangat beresiko terhadap kesehatan bayi. Bayi bisa terkena penyakit, dan penyakit bisa menjalar ke otaknya.

Untuk itu, para orangtua diingkatkan untuk menjaga kebersihkan kamar / rumah, hindari kontak langsung dengan oranglain (mencium atau menyentuh), tidak membawa anaknya ke lingkungan luar sebelum berusia 4 bulan.

Ketika bayi telah menginjak usai 4 bulan keatas maka bayi akan memiliki sistim imun atau kekebalan tubuh yang lebih kuat terhadap kuman dan penyakit sehingga bayi lebih siap menghadapi lingkungan dan kontak langsung dengan oranglain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here