Mudah Sekali, Inilah 5 Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

 

mengatasi bayi susah makan

 

Bagi anda yang memiliki bayi susah makan, jangan terburu-buru cemas. Memang hal ini menjadi suatu momok bagi anda yang memiliki bayi dengan tipe tersebut.

Akan tetapi, Sebagai orang tua anda harus memiliki cara jitu agar bayi anda mau makan. Dibawah ini adalah cara mengatasi bayi susah makan yang bisa anda praktekkan dengan mudah diantaranya :

  1. Selalu Tenang Dan Jangan Panik

Bayi yang susah makan biasanya akan memberontak ketika ia di beri makan seperti menangis dengan keras.

Hal ini jangan di buat pusing, dan anda harus selalu tenang dalam mengatasinya. Ajak si bayi untuk bercengkrama dengan baik, dan hilangkan tangisannya.

Sementara jauhkan makanannya terlebih dahulu, hingga bayi anda diam dan tidak menangis lagi. Jika sudah, anda bisa mencobanya kembali dengan sabar dan membujuknya untuk makan dengan cara yang menyenangkan.

Jika anda panik, akan membuat suasana makan sang bayi menjadi tidak kondusif.

  1. Memberikan Menu Makanan Yang Variatif

Jenis makanan memang menjadi salah satu faktor terpenting dalam mewujudkan nafsu makan yang baik. Sama hal nya dengan menu makanan untuk bayi yang harus di perhatikan akan jenisnya.

Untuk mengatasi bayi susah makan, anda bisa memberikan menu makanan yang beragam. Maksudnya anda selalu mengganti jenis makanan yang berbeda, namun juga harus di perhatikan akan kualitasnya.

Hal ini bisa membuang rasa bosan si bayi, sehingga dia akan lebih bersemangat untuk makan.

  1. Selalu Perhatikan Tekstur Makanan

Organ Pencernaan pada bayi masih belum mampu menampung sembarangan jenis makanan. Bayi membutuhkan tekstur makanan yang halus dan encer.

Hal ini lah yang harus di perhatikan oleh orang tuanya. Anda harus pandai dalam mengolah jenis makanan apa yang cocok untuk perut si bayi dan tidak berdampak buruk bagi kesehatannya. Jika makanan yang di telan oleh berat, dimana bayi anda belum sanggup dalam mencernanya.

  1. Sediakan Alat Makan Yang Menarik

Memang bayi belum begitu faham tentang lingkungan di sekitarnya. Namun si bayi pasti sudah merasakan akan sesuatu hal yang ada di sekitarnya. Dan jarang dia bisa mengekspresikan hal tersebut kepada orang yang ada di sekitarnya.

Nah, pahami terlebih dahulu akan kesenangan apa yang sukai oleh bayi anda. jika bayi anda senang melihat barang-barang yang menarik, hal ini bisa dijadikan sebagai alat untuk menunjang ia agar tidak susah makan.

Sediakan alat makan si bayi dengan karakter lucu dan menarik. Ini di butuhkan agar dia merasa senang dan bersemangat untuk makan. Apalagi sekarang ini banyak penjual yang menjual aneka perlengkapan makan bayi sangat lucu dengan beraneka ragam bentuknya.

  1. Berikan Makan Setelah Mandi

Anda harus memiliki cara siasat yang ampuh, untuk bayi yang susah makan. Salah satunya yaitu dengan memberi dia makanan setelah mandi.

Menurut kesehatan mandi air hangat dapat memperlancar peredaran darah dan menimbulkan rasa lapar.

Oleh sebab itu memberikan makan kepada bayi setelah mandi adalah suatu hal yang tepat. Bayi yang merasa perutnya lapar tidak akan menolak ketika ia disuapi makanan. Jadi dengan cara ini anda tidak perlu kerepotan dalam membujuk sang bayi untuk makan.

Terdapat banyak cara mudah untuk mengatasi bayi susah makan. Sebagai orang tua yang baik harus selalu memutar otak demi kebaikan sang bayi.

Cara-cara di atas di rasa mudah untuk di coba, karena tidak membutuhkan banyak tenaga maupun biaya. Mengingat akan perkembangan tubuh si bayi yang membutuhkan banyak nutrisi. Jadi jangan biarkan kebiasaan buruk bayi susah makan ini, Selamat mencoba dan semoga berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here