Mengapa Bayi Baru Lahir Tidur Terus, Ini Jawabannya!!

bayi tidur terus

Pernahkan Anda sebagai orang tua merasa khawatir karena bayi Anda tidur terus dalam waktu yang lama? Melihat bayi baru lahir yang menghabiskan sebagian besar hari mereka dengan terlelap pulas. Sebagian besar dari kita pasti sering bertanya-tanya normal atau tidak jika bayi baru lahir tidur terus menerus. Beberapa hal terjadi secara alamiah yang mengakibatkan bayi baru lahir tidur terus. Beberapa hal tersebut dapat kita bahas dalam uraian berikut ini:

  1. Ritme Hidup Bayi Baru Lahir

Bayi terlahir begitu polos, semua pengetahuan baru ia mulai pelajari setelah keluar dari kandungan ibu. Pengetahuannya yang terbatas juga mencangkup membedakan siang dan malam. Tidak seperti manusia dewasa yang mengatur pola istirahat di malam hari dan beraktivitas di siang hari.

Bayi baru lahir tidur terus selama ia merasa nyaman dan kebutuhannya terpenuhi. Tidak ada jadwal yang mengatur kerja tubuh bayi. Semua masih begitu spontan dan alamiah, selama dalam keadaan kenyang dan nyaman bayi akan tidur dalam waktu yang lama.

  1. Perut Yang Kecil

Berat bayi lahir normal dalam kisaran 2,5 kg sampai dengan 3,5 kg. Dalam tubuhnya yang kecil ini tentu organ-organ yang ia miliki juga berimbang menyesuaikan berukuran kecil. Termasuk sistem pencernaan makanan yang kecil pula.

Keadaan perut bayi yang kecil akan semakin memudahkan bayi merasa kenyang setelah disusui. Terlebih aktivitas fisik bayi yang terbatas akan membuat rasa kantuk dan bayi pun akan lekas tertidur. Oleh karenanya bayi yang cukup asi akan semakin mudah tidur dalam waktu yang lama.

  1. Durasi Waktu Tidur Bayi

Penting untuk kita ketahui bahwa perbedaan sangat mencolok terdapat pada bayi dan orang dewasa. Lama bayi tertidur normal dalam dua puluh empat jam sehari adalah 16-18 jam.  Berbeda terbalik dengan apa yang terjadi pada orang dewasa yang menggunakan waktu 16-18 jam untuk berkegiatan dan sisa sebagian kecilnya untuk beristirahat.

Dengan durasi waktu tidur yang panjang tak jarang para orang tua terbebani dengan pikiran mengenai anak mereka dimana pertanyaan mengapa bayi baru lahir tidur terus pun tak dapat ditahan lagi. Meskipun sebenarnya hal ini merupakan suatu keadaan yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

  1. Aktivitas Menyusu Yang Harus Sering Dilakukan

Kesibukan bayi baru lahir dapat dibilang hanya sebatas tidur dan menyusu. Dikarenakan bentuk perut yang masih kecil maka dalam waktu yang tidak lama pula lambung telah kosong kembali. Idealnya bayi selalu disusui setiap 2-3 jam.

Bayi harus disusi dalam rentang waktu 2-3 jam, menyusu mengharuskan bayi menghisap puting ibu secara kuat dan dalam, rasa lelah karena aktivitas menyusu tergantikan oleh lambung yang kemudian penuh terisi. Maka bayi pun akan segera tertidur pulas sampai ia merasa lapar kembali.

  1. Kontaminasi Obat-Obatan

Selain penyebab diatas yang sifatnya normal, ada penyebab yang harus diwaspadai oleh orang tua saat bayi mereka tidur terus menerus. Salah satu penyebab bayi baru lahir tidur terus adalah pengaruh obat yang masuk kepada ibu selama proses persalinan.

Persalinan dengan tindakan terkadang memang harus memasukkan obat-obatan yang berkontraindikasi dengan keadaan bayi nantinya setelah lahir. Tanda normal bayi baru lahir tidur terus adalah ketika kekuatan otot mereka tetap kuat. Maka waspadai jika bayi anda tertidur terus dengan otot yang lunglai.

Penyakit yang menyertai tanda bayi tertidur terus yang abnormal adalah jika disertai dengan munculnya tanda penyakit lain. Seperti kulit dan bagian tubuh bayi terlihat kuning. Bayi tidak mau menyusui sama sekali. Penanganan medis akan sangat membantu mendiaknosa penyebab bayi baru lahir tidur terus yang tidak termasuk dalam kondisi normal.

Baca Juga: Ketika Bayi Sering BAB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here