6 Alasan Mengapa Bayi Baru Lahir Sering Bersin

Melahirkan adalah hal terindah untuk setiap wanita, terutama bagi pasangan muda dan tentunya sesuai dengan apa yang diharapkan menjadi kenyataan, misal: ingin anak laki-laki dan lahirnya yaitu laki-laki.

Setelah bayi lahir mereka akan beradaptasi dengan udara dunia, setiap bayi memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda, terkadang ada bayi yang sering bersin. Kondisi ini terkadang membuat orangtua menjadi bingung dan panik.

Apakah kondisi seperti ini berbahaya? Apakah adanya penyakit pada bayi? Lalu apa saja penyebabnya? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui jawabannya, berikut 6 penyebab bayi sering bersin yang perlu diketahui calon Ibu maupun Ibu yang baru melahirkan:

  1. Kondisi Fisiologis Sang Bayi

Penyebab mengapa bayi baru lahir sering bersin yang pertama adalah kondisi fisiologis bayi,hal ini merupakan kondisi wajar yang bisa terjadi diakibatkan oleh adanya sisa air ketuban di dalam saluran pernafasan.

Hal ini bukanlah suatu penyakit, justru bayi baru lahir sering bermanfaat baik untuk bayi karena membantu pengeluaran cairan ketuban.

Selain itu, dengan bersin tersebut membantu pengeluaran partikel asing pada tubuh bayi, bersin-bersin merupakan salah satu proses mempercepat pematangan sistem pernafasan untuk bayi baru lahir.

  1. Bayi Mengalami Flu

Kondisi bayi baru lahir sering bersin lainnya berkaitan dengan adanya flu yang diderita oleh bayi. Penyebab terjadinya kondisi tersebut adalah peradangan di daerah hidung  dan pada saluran pernafasan si bayi.

Kondisi penyumbatan pada saluran pernafasan juga menjadi salah satu penyebab bayi bersin, dengan bersin membuat kelegaan pada pernafasan bayi.

Anda bisa menggunakan bau-bauan seperti minyak telon untuk melegakan penyumbatan pada hidung bayi.

Baca Juga: Inilah 5 Penyebab Bayi Baru Lahir Susah BAB

  1. Adanya Kondisi Alergi

Kondisi bayi yang memiliki alergi merupakan penyebab lain dari bayi baru lahir sering bersin.

Perubahan fisik yang muncul akibat reaksi alergi pada suhu udara, makanan maupun obat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan khususnya pada saluran pernafasan, hal seperti ini ditandai dengan bersin terus menerus.

Hal ini yang perlu calon Ibu atau Ibu waspadai. Periksakanlah ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

  1. Suhu Udara Yang Tidak Sesuai

Bayi baru lahir sering bersin bisa disebabkan oleh kesensitifan bayi.

Kondisi seperti ini bisa di sebabkan karena kondisi suhu ruangan yang dingin bagi bayi, bayi yang baru lahir perlu beradaptasi dengan suhu udara, yang semula didalam kandungan dengan kehangatan, bayi memiliki tingkat kesensitifan lebih tinggi dari orang dewasa, kondisi ruangan yang membuat bayi kedinginan misalnya bisa berdampak terjadinya flu.

Maka sesuaikanlah kondisi ruangan yang hangat agar bayi lebih nyaman dan aman.

  1. Lingkungan Yang Berdebu

Kondisi lingkungan yang kotor dan berdebu  bisa mempengaruhi bayi baru lahir sering bersin, tidak hanya pada bayi, kondisi lingkungan yang berdebu juga bisa menyebabkan orang dewasa sering bersin.

Jadi,  perlunya menjaga kondisi lingkungan di sekitar bayi untuk mencegah terjadinya bersin-bersin dan  kondisi lingkungan yang bersih juga bisa berdampak baik bagi kesehatan bayi.

  1. Daya Tahan Tubuh Yang Lemah

Bayi baru lahir sering bersin bisa disebabkan oleh daya tahan tubuh yang lemah. Untuk itu, perlunya pemberian ASI eksklusif guna meningkatkan dan menjaga daya tahan bayi manfaat ASI sendiri bisa menghindarkan bayi dari berbagai penyakit yang mengintai.

Hal ini juga bisa meminimalisir berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah flu. Dengan kondisi daya tahan yang kuat bayi tidak akan mudah bersin yang diakibatkan oleh kondisi flu serta pilek.

Demikian beberapa penjelasan mengenai penyebab bayi baru lahir sering bersin. Bagi calon ibu, sangat perlu untuk mencari pengetahuan dan wawasan mengenai persalinan, kesehatan bayi, dan sebagainya agar Anda tahu hal apa yang harus dilakukan jika terjadi hal yang tidak wajar.

Terimakasih, semoga bisa menambah wawasan dan jawaban bagi Ibu yang mengalami kekhawatiran akan kondisi bersin pada bayi.

Baca Juga: Penyebab Bayi Baru Lahir Jarang Pipis atau Buang Air Kecil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here