7 Alasan Bayi Tidak Boleh Pakai Bedak Tabur

bayi pakai bedak tabur

Saat mencium bau bedak tabur, otak otomatis akan mengartikannya sebagai bau harum bayi. Sudah menjadi kebiasaan khususnya di Indonesia untuk memakaikan bedak tabur pada bayi, apalagi yang baru selesai mandi. Aroma minyak telon dan bedak tabur adalah bau bayi. Tapi tahukah Anda, bahwa sebenarnya bayi tidak boleh pakai bedak tabur.

Alasan Bayi Tidak Boleh Pakai Bedak Tabur

Kandungan utama pada bedak untuk bayi adalah talc, yaitu suatu mineral dengan komposisi silika magnesium di dalamnya. Mineral talc ini ketika ditaburkan ke permukaan kulit akan 2 reaksi, menguap dan mengendap.

Endapan mineral ini disebut asbes dan inilah yang berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti:

  1. Gangguan Pernafasan dan Pneumonia

Partikel bedak yang berbentuk halus dapat terhirup dan mengendap di dalam saluran pernafasan bayi. Hal ini mengganggu proses pernafasan pada bayi. Jika tumpukan endapan ini semakin tinggi, dapat menyebabkan pneumonia.

  1. Dapat Mengeringkan Selaput Lendir

Menurut hasil penelitian, menghirup partikel bedak tabur dalam jangka waktu yang lama dapat mempercepat pengeringan selaput lendir. Dalam tubuh manusia, selaput lendir berfungsi sebagai salah satu penyaring kotoran yang terdapat di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Resiko Kanker Paru-paru

Selain pneumonia, penumpukan talc yang terhirup bayi juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker paru-paru. Terlebih partikel bedak berbentuk sangat halus dan luput dari pandangan mata, sehingga Anda tidak akan tahu berapa banyak paparan bedak tabur yang terhirup oleh bayi Anda.

  1. Meningkatkan Resiko Kanker Ovarium

Penggunaan bedak tabur pada bayi yang paling sering dilakukan adalah saat mengganti popok. Padahal hal ini dapat meningkatkan resiko terkena kanker ovarium. Ini disebabkan karena tingginya endapan bedak yang terserap sampai ke alat reproduksi bayi dan menumpuk hingga bertahun-tahun lamanya.

  1. Meningkatkan Resiko Kista

Sama halnya seperti adanya resiko kanker ovarium, peningkatan resiko terjadinya kista juga terjadi pada bayi perempuan. Bedak tabur berpotensi untuk terserap masuk ke dalam vagina hingga ke alat reproduksi di bagian dalam. Partikel bedak bersifat pathogen bagi tubuh dan jika sudah terlalu banyak menumpuk dapat menjadi kista.

  1. Meningkatkan Resiko Inflamasi

Bedak tabur adalah zat asing bagi tubuh dan dideteksi sebagai sebuah ancaman. Sehingga sistem kekebalan akan berusaha untuk memusnahkannya. Salah satu usaha yang dilakukan oleh tubuh adalah dengan berusaha mengeluarkannya dengan cara pembengkakan atau inflamasi.

  1. Meningkatkan Resiko SIDS

Paparan bedak tabur yang berlebihan dapat menghambat saluran pernafasan, dan resiko terburuk yang dapat terjadi adalah kematian mendadak pada bayi. Hal ini disebabkan karena saluran pernafasan terhambat oleh tumpukan partikel bedak yang tidak sengaja terhirup sehingga menyebabkan kurangnya asupan oksigen yang diperlukan oleh tubuh.

Baca Juga: Jangan Panik, Inilah 6 Hal Yang Menjadi Penyebab Bayi Panas

Tips Memilih Bedak Yang Aman Untuk Bayi

Bukannya bayi tidak boleh pakai bedak sama sekali dan penggunaannya harus dihentikan. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan bedak demi menjaga keselamatan bayi Anda. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk memilih bedak untuk bayi, misalnya:

  • Pilih bedak yang berbahan dasar cornstarch yang jauh lebih aman dibandingkan yang berbahan dasar talc.
  • Tidak menaburkan langsung pada kulit bayi.
  • Tidak menggunakan saput yang beresiko semakin menghamburkan partikel bedak.
  • Cukup mengoleskan bedak secara tipis pada kulit bayi.
  • Tidak mengoleskan bedak pada kulit yang luka.
  • Tidak memberikan bedak di area kemaluan.
  • Gunakan telapak tangan Anda untuk mengoleskan bedak.
  • Tidak memberikan botol bedak sebagai mainan kepada bayi.

Selain itu, Anda pun perlu memperhatikan pada area kulit bayi yang memiliki lipatan seperti pada ketiak. Pastikan Anda membersihkan area tersebut dari sisa-sisa bedak yang menumpuk. Bayi tidak boleh pakai bedak tabur sering diutarakan oleh semua bidan tapi anda bisa menggunakan dengan beberapa tips yang tadi di ulas di atas.

Baca Juga: Inilah 6 Penyebab Bayi Kembung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here