Bayi Baru Lahir Mengalami Belekan, Apakah itu Normal?

bayi baru lahir mengalami belekan

Kelahiran buah hati adalah peristiwa paling membahagiaka dalam keluarga. Apalagi bagi keluarga baru. Namun terkadang rasa bahagia itu akan berubah menjadi sebuah kecemasan pada saat bayi mengalami gangguan kesehatan.

Salah satu yang sering terjadi yaitu bayi baru lahir mengalami belekan. Masalah bayi baru lahir yang sering belekan sebenarnya adalah hal normal, namun dapat pula tergolong dalam keadaan yang upnormal. Dengan mengetahui lebih jelas mengenai mata belekan pada bayi dapat menentukan tindakan yang tepat bagi bayi baru lahir anda.

Penyebab Mata Belekan

Penyebab mata belekan pada bayi baru lahir ada beberapa faktor, yang akan dijelaskan dibawah ini:

  1. Faktor Dari Bayi

Pembentukan dan perkembangan organ-organ tubuh bayi khususnya bagian mata yang belum sempurna akan memicu timbulnya kejadian bayi baru lahir belekan. Hal ini dialami oleh sebagian besar bayi. Faktor belum sempurnanya pembentukan kelenjar mata ini adalah faktor normal yang tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Dengan berjalanannya waktu pembentukan kelenjar air mata akan semakin sempurna dan mata belekan pada bayi akan hilang dan sembuh dengan sendirinya.

  1. Faktor Dari Luar

Berbeda dari penyebab yang pertama, penyebab mata belekan pada bayi baru lahir yang selanjutnya adalah munculnya infeksi. Infeksi ini dapat terjadi saat proses persalinan berlangsung. Biasanya hal utama yang menyebabkan penularan penyakit infeksi pada mata bayi baru lahir adalah penyakit menular seksual yang diderita oleh sang ibu.

Gonore dan sipilis menjadi penyebab terbanyak dari munculnya mata belekan pada bayi. Kotak langsung mata bayi dengan jalan lahir yang telah terinfeksi penyakit menular seksual menyebabkan kemungkinan penularan yang terjadi sangatlah besar. Hal ini akan muncul jika persalinan terjadi melalui jalan lahir ibu, bukan melalui operasi sesar.

Antisipasi Yang Dilakukan Oleh Medis

Guna mencegah bayi baru lahir belekan pihak medis selalu memberikan salep mata, atau obat tetes mata yang akan mematikan bakteri yang telah masuk dalam mata bayi anda. Hal ini akan membantu pencegahan terjadinya mata belekan pada bayi karena faktor tertularnya penyakit infeksi dari jalan lahir ibu.

Cara ini sangat ampuh untuk mengurangi angka mata belekan pada bayi baru lahir. Setiap persalinan yang terjadi di instalasi kesehatan pasti bayi anda akan dipastikan mendapatkan obat tetes, atau salep mata tersebut.

Tindakan Perawatan Yang Bisa Dilakuakan Dirumah

Jika anda menemui bayi anda dalam keadaan belekan saat dirumah, tidak perlu bingung. Perawatan dapat anda lakukan sendiri dirumah dengan cara:

  1. Menghindarkan Bayi Kontak Dengan Benda Kotor

Pastikan ada selalu mencuci tangan sebelum memegang bayi dan memastikan handuk dan alat kebersihan pribadi bayi anda tidak digunakan orang lain. Sistem kekebalan tubuh bayi yang belum sempurna akan rawan mengalami tertularnya penyakit infeksi dari luar.

Menyusui bayi secara teratur dua jam sekali dengan asi eksklusif selama enam bulan penuh akan membantu perkembangan sistem kekebalan tubuh sempurna.

  1. Bersihkan Mata Belekan

Menggunakan kain lembut atau cuttonbud dengan air hangat dan lakukan pengusapan secara perlahan dengan sistem sekali usap. Lakukan hal ini dengan telaten adar belekan di mata bayi anda segera sembuh.

  1. Waspadai Jika Muncul Hal Ini

Namun perlu anda waspadai jika muncul hal-hal berikut ini yang menandakan semakin buruknya keadaan belekan bayi anda. Hal-hal tersebut ialah, perubahan warna belekan menjadi kehijauan, bayi terus merasa kesakitan dan belekan yang menetap, ketidakmampuan membuka mata secara total di kedua mata bayi juga merupakan indikasi bahwa mata belekan tersebut harus mendapatkan pengobatan medis segera.

Jadi tidak semua bayi baru lahir belekan adalah hal yang berbahaya, mengetahui detail dari penyebab dan pembagian penyakit mata belekan pada bayi akan membuat anda bijak dalam menentukan keputusan.

Baca Juga: Inilah 5 Penyebab Bayi Baru Lahir Susah BAB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here